Virtual Private Network Terbaik Menurut Saya

VPN singkatan dari Virtual Private Network, dari namanya saja sudah jelas memiliki fungsi sebagai penyedia jaringan virtual. Maksud virtual disini ialah seolah-olah memiliki jaringan milik sendiri yang terbebas dari blokir oleh pemerintah maupun mencegah serangan dari hacker, hal ini memungkinkan karena saat Anda tersambung menggunakan VPN, secara tidak sadar data yang ditransfer peer-to-peer dienkripsi dengan canggih, jadi tidak seorangpun dapat melihat aktivitas berselancar Anda di internet.




Banyak penyedia layanan VPN diluar sana, mulai dari yang paling mahal sampai gratis tanpa sepersenpun membayar, yang menjadi pertanyaan "Apakah VPN mahal selalu bagus dan VPN murah itu selalu jelek?" Well sepertinya jawaban ini mudah untuk dijawab karena mungkin Anda sudah tahu sendiri. Yap jawabannya "Tergantung dari apa yang didapat". Ada yang mahal terus kenceng tapi enkripsi-nya payah, ada juga yang gratis tapi sebaliknya, atau malah dua-duanya buruk. Nah untuk meminimalisir keluhan dari para penyedia layanan VPN dari luar yang mungkin tidak jelas atau overprice, Saya akan berikan VPN terbaik untuk kalian yang mau berselancar dengan aman walau gratis, saya berbicara gratis dalam artian tidak semua list benar-benar gratis (ex. Freemium).

3. Hotspot Shield

Hotspot Shield adalah VPN yang diperdayai oleh AchorFree. Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis dengan pilihan region yang banyak sekali, termasuk Singapura, pokoknya lengkap. Mengusung layanan freemium dan tersedia diberbagai platform manapun, baik Chrome maupun Firefox. Versi gratis akan diberikan kuota yang berbeda pada setiap platform, namun tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin mencoba Hotspot Shield ini.

2. ZenMate

ZenMate merupakan VPN gratis yang bagus, namun yang saya sukai adalah tersedia nya di berbagai platform seperti Chrome, Firefox, Opera, Windows 10, Android sampai MacOS dan iOS. Memang banyak keluhan pada batasan bandwidth yang hanya sampai sekitar 1-2 Mbps, namun untuk VPN gratisan ini masih layak kok karena jarang banget VPN freemium antar-platform yang unlimited. Untuk versi gratis tidak ada pilihan region Singapura karena harus bayar, tapi sebagai alternatifnya kamu bisa pilih region Hongkong karena masih berada di Asia Tenggara. Kenapa harus pilih region Asia Tenggara? Baca..

1. Psiphon

Psiphon, nah menurut saya inilah VPN terbaik. Ini benar-benar unlimited dan memiliki kecepatan yang sangat cepat. Semua layanan nya gratis dan memiliki lisensi GNU yang artinya bebas digunakan. Selain gratis, Psiphon memiliki enkripsi yang cukup canggih dengan mengkombinasikan tiga teknologi yaitu VPN, SSH dan HTTP Proxy. Region cukup banyak bahkan region Singapura diberikan secara gratis cuma-cuma. Langkah Psiphon ialah dapat memberikan kebebasan netizen untuk berselancar internet. Psiphon memiliki server yang bekerjasama dengan banyak perusahaan server sehingga memiliki rentang server load yang luas, selain itu Psiphon juga mendapatkan banyak penghargaan oleh media. Namun sayangnya hanya menyediakan platform Windows dan Android, sehingga masih perlu tahapan agar dapat diakses di berbagai platform.

Sebenarnya banyak VPN diluar sana yang bagus namun saya ambil dari yang populer karena saya juga perlu mempertimbangkan enkripsi agar privasi pengguna terjaga, tak selamanya VPN dapat melindungi aktivitas Anda, maka dari itu bijaklah memilih VPN. Selain itu region juga patut untuk dipertimbangkan pula karena bagi Anda yang hidup di Indonesia tercinta, maka harus memilih region terdekat seperti Singapura maupun region SEA lainnya, karena dapat mempengaruhi kecepatan berselancar Anda.

Semua ini adalah pendapat pribadi saya, saya tidak dibayar maupun terafiliasi oleh siapapun yang memikat postingan ini dan jika ada banner iklan yang memikat, saya bersifat netral apa adanya, karena keadilan adalah milik kita semua dan sharing is caring.

Aldian Kurniawan

Verified Administrator Verified

Tidak ada komentar:

Posting Komentar