Apakah Kepintaran Seseorang Ditentukan Oleh IQ (Intelligence Quotient)?

Berapakah IQ Kamu? Apakah diatas 120 atau dibawah dari itu? Pernahkah kamu berpikir bahwa orang yang IQ nya diatas 130 itu adalah orang yang sukses? Tentu saja tidak, IQ bukanlah penentu dari semua itu. IQ hanyalah nilai dari seberapa logika yang kita bisa hitung dan jawab, mencari persamaan dan perbedaan, atau mencari sesuatu yang aneh dan ungkapkan! Itulah nilai IQ kamu. Apakah orang pintar IQ nya selalu tinggi? Adakah orang sukses yang mempunyai IQ rendah? Mari kita bahas lebih banyak lagi!.





An intelligence quotient (IQ) is a total score derived from one of several standardized tests designed to assess human intelligence.


Terjemahan : Intelligence quotient (IQ) adalah total nilai yang berasal dari salah satu dari beberapa tes standar yang dirancang untuk menilai kecerdasan manusia.


Dilihat dari definisi nya bahwa IQ itu hanyalah total nilai yang berasal dari salah satu dari beberapa tes standar. Nilai bukanlah penentu, nilai bukanlah artian bahwa orang itu sangatlah spesial. Tapi nilai adalah barisan dari deretan angka yang menunjukan berapa jawaban yang diisi itu benar. Namun arti menurut bahasa, Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa "cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan. Jadi nilai hanyalah cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial. Semakin besar nilai tersebut, maka semakin baik dan semakin disegani secara sosial. Bukankah itu benar? Jika kamu ingin mempunyai seorang pacar, pilih yang pintar atau biasa-biasa saja? Itu adalah pilihan Kamu karena Kamu akan memilih mana yang lebih baik mana yang tidak.


Namun tidak semua nilai IQ rendah itu dibenci, karena menurut saya orang yang mempunyai nilai IQ rendah akan mempunyai kemampuan otak kanan yang luar biasa, mengapa? Karena mereka cenderung menggunakan otak kanan yang berujung ke Imajinasi yang sangat-sangat hidup!. Tentu saja orang yang bekerja di bidang seni akan mempunyai kreativitas yang tidak terbatas, seolah-oleh otak kanan yang lebih bekerja. Bagi kamu yang mempunyai IQ rendah, janganlah menangis, karena kamu bisa saja jadi penulis, scriptwriter, pelukis, produser musik dan hal yang berhubungan dengan seni, karena kita dapat membuat seni tanpa logika. Contoh kita dapat membuat abstrak hanya dengan selembar kertas, spidol warna dan ekspresikan imajinasimu.

Lihatlah hasil karya abstrak ini, menarik bukan? Ada logika? Tentu saja tidak!. Tapi kita bisa melihat keindahan dan ekspresi si pelukis, feeling apa yang pelukis rasakan, Kamu akan tahu sendiri apa makna dari abstrak itu, karena ini tidak memakai logika, jadi pemikiran setiap individu mungkin saja berbeda.
Menurut kamu si pelukis menggunakan otak mana? Kanan atau kiri? Ya jelas kanan karena imajinasi berada di otak kanan, apakah melukis memakai acara seperti menghitung? Mungkin itu melukis gambar 4 dimensi. Tapi apakah seni disukai banyak orang? Yap seni itu berbagai macam, kamu bisa pilih seni apa yang cocok bagi kamu, yang paling populer adalah seni musik, kamu bisa menjadi pengarang lagu atau produser instrumen.

Bagaimana jika orang yang mempunyai IQ rendah dan tidak mempunyai bakat sekalipun? Itu omong kosong. Setiap individu mempunyai bakat, tidak ada orang yang tidak mempunyai bakat. Biasakanlah kreatif dan carilah inspirasi, cobalah keluar rumah, lihatlah sekelilingmu, temukan apa ide yang dapat membuat Kamu bisa berguna, janganlah merendahkan diri sendiri dan jangan pula sombong, karena merendahkan diri dapat membuat kamu terbuang dan sombong dapat membuat kamu terjatuh.

Apakah Kepintaran Seseorang Ditentukan Oleh IQ (Intelligence Quotient) ?

Tentu saja tidak, menurut saya mengapa? Karena IQ itu hanyalah omong kosong, semua orang di dunia itu sama derajatnya, asal ingin belajar, jika Kamu ingin tahu mengapa orang yang IQ nya tinggi itu pintar, jawabannya karena mereka belajar. Mereka tahu seperti ini rumus nya, mereka tahu ini gambar apa, karena saat di pembelajaran, mereka pastinya pernah meilhat tes itu. Soal IQ hanyalah soal yang membuat kita rumit. Dan mengapa para ilmuwan itu IQ nya sangat tinggi? Karena bakat!. Mereka sejak lahir sudah diberikan otak yang luar biasa, otak kiri super yang dapat membuat daya logika tinggi. Ada juga orang yang IQ nya rendah dapat menjadi ilmuwan, karena apa? Belajar. Mereka belajar, ingin tahu, ingin sukses dan ingin diri nya berguna.

Jadi kembangkan diri kamu, jangan lah takut dengan hasil nilai IQ kamu karena nilai IQ bisa saja meningkat atau menurun, tergantung dari seberapa kamu melihat secara visual maupun pemikiran logika. Dan level IQ itu tersendiri.

Tetap semangat dan jangan mudah putus asa!

Sumber : Wikipedia

              Google Images
              Blogspot

Aldian Kurniawan

Verified Administrator Verified

Tidak ada komentar:

Posting Komentar