Membuat Film Terlihat Lebih Professional

Menonton film hollywood begitu seru bukan? Selain Visual Effect yang diberikan sangatlah bagus, alur cerita dan acting bisa menjadi poin utama rating sebuah film. Nah untuk membuat film kita harus bisa terlihat professional karena jika tidak, maka hasil nya pun tidak bagus dan rating yang diberikan penonton buruk.





Untuk membuat film terlihat professional, setidaknya kita butuh kamera digital single lens reflex atau biasa disingkat DSLR. Mengapa harus menggunakan DSLR? Karena hasil gambar kamera DSLR lebih baik daripada di kelas bawah nya seperti handy-cam, atau kamera digital handphone / smartphone, hal itu dikarenakan hasil DSLR biasanya uncompressed dan bisa diganti-ganti lensa sesuai kebutuhan. Atau jika Kamu punya budget lebih tinggi, kamu bisa membeli atau menyewa camcorder untuk keperluan film.



Agar gerakan video lebih stabil, kamu memerlukan tripod, ya beli tripod gak mahal-mahal amat kok, ada yang harganya mulai dari 50 ribuan sampai 5 jutaan, nah kita bisa beli yang 50 ribuan karena ini termasuk low budget. Tripod bisa juga digunakan sebagai stabilizer, karena kita bisa memanfaatkan kaki si tripod.

Lighting! Ya ini sangatlah penting karena tanpa lighting, video yang dihasilkan menjadi gelap, terutama pada pengambilan gambar di interior, bahayanya dapat menimbulkan noise pada video yang berujung ke film amatiran. Kamu bisa membuat lightning dari alumunium jika untuk outdoor, dan membuat payung lighting sendiri dengan payung hitam atau dari wajan.


Buatlah naskah, ya karena ini adalah pilihan saya untuk membuat film saat pra-produksi, mengapa? Naskah dibuat agar memudahkan para kru film yang nantinya bertugas saat produksi, itu dapat membuat film terlihat professional karena kru dapat mendalami isi cerita tersebut. 

Cobalah dengan rasio aspek yang berbeda. Mengapa sih kebanyakan film hollywood layarnya setengah? Hehe sebenarnya bukan setengah tapi diperlebar atau biasa disebut Widescreen. Aspek rasio ada macam-macam, ada 16:9. 4:3. 2:35:1 dan banyak lainnya. Tips nya, jika kamu ingin membuat film drama, gunakanlah 16:9, film lawas? gunakan 4:3, film aksi atau sci-fi? tentu saja 2:35:1 lebih baik. 
Contoh rasio aspek 2:35:1

Gunakan sound recorder merupakan cara agar film terlihat lebih professional, mengapa? Karena kita dapat mendengarkan suara pemain dengan jelas jika menggunakan sound recording dan suara angin yang mengganggu dapat diminimalisir dengan mic, tentu saja ini bukan barang murah dan bisa menghabiskan budget sekitar $100

Gunakan software editing professional. Tentu saja pilihan nomor 1. Kamu bisa memilih efek seperti Color CorrectionAspect Ratio, Visual Effect, Sound Mixing, dan efek lainnya. Ada beberapa software editing film terbaik antara lain Adobe Premier, After Effect, Sony Vegas Pro 13, Final Cut Pro X, dan masih banyak lagi.

Dan cara yang terpenting adalah niat, usaha dan doa. Karena tanpa itu, kita tidak bisa membuat film seperti professional, sebenarnya masih ada cara low budget namun susah untuk dikemukakan nya, jadi saya jelaskan seperti ini saja.

Have a Nice Day!

Aldian Kurniawan

Verified Administrator Verified

Tidak ada komentar:

Posting Komentar