Mengatasi Lost Saga Error Direct X Gagal

Mau main Lost Saga di Windows 8 / atau Windows 10 tidak bisa dibuka? atau saat login layar berubah menjadi hitam lalu keluar sendiri dengan pesan error seperti ini:

Pesan Error :Inisialisasi Direct X gagal.Silahkan restart komputermu dan coba kembali,jika masalah masih terjadi, silahkan coba cara berikut ini:(Gunakan setelan minimal. )
1. Cek setelan Direct 3D Windows[Start] -> [Run] -> ketik 'dxdiag' -> pilih [display]->Klik Direct3D Acceleration [Disable] -> Tekan tombol [Apply] -> [Close] -> Restart permainan

2. Silahkan update drivergraphic card.
3. Install versi Direct X terbaru untuk OS.

Masalah ini bisa ada dua kemungkinan, yaitu:
  • Masalah driver Windows
  • Masalah konfigurasi Lost Saga

Masalah driver Windows

Masalah ini terlihat jika kamu menggunakan komputer / atau laptop, kamu tidak dapat mengatur tingkat kecerahan pada layar, sebab itu kamu perlu driver untuk gpu agar dapat bekerja. Lost Saga membutuhkan sekitar 128 megabyte video ram agar dapat bekerja dengan optimal.

Kamu dapat mengecek apakah driver video sudah terpasang atau tidak dengan membuka device manager, caranya pergi ke menu start, lalu ketikan "Device Manager" dan buka programnya.



Jika Display adapters tidak menunjukan informasi mengenai gpu kamu, maka kamu harus mengunduh driver gpu, caranya mudah, cukup bermodalkan internet yang stabil dan kuota minimal 200 megabyte. Jika sudah biasanya tertulis dibawahan Display adapters adalah "Microsoft Basic Display Adapter" kamu klik itu, akan keluar jendela berupa informasi, lalu pilih menu Driver, pilih Update Driver, tunggu selama kurang lebih 1 jam, jika berhasil maka informasi mengenai gpu sudah tersedia dan kamu bisa mencoba bermain Lost Saga.

Jika Display adapters sudah menunjukan informasi gpu kamu namun kamu belum dapat bermain, kamu bisa lanjut ke permasalahan kedua.

Masalah konfigurasi Lost Saga

Masalah ini terjadi jika komputer kamu sudah terpasang driver gpu namun belum dapat bermain Lost Saga, caranya cukup mudah, ikuti saja step dibawah ini.

Download file FIX Lost Saga Windows 8

Lalu extract file yang ada didalam folder ViPER di rar ke folder direktori ID Lost Saga kamu seperti ini:


Jika Kamu belum tahu dimana letak foldernya, kamu dapat mencari di folder default yaitu:
C:\Gemscool\LostSaga\Save
Karena ID Lost Saga saya adalah "digitalocean" maka saya menaruhnya di folder "digitalocean".
Misalkan ID LS kamu adalah "viper" maka kamu harus menaruh di folder "viper".


Jika ada pertanyaan silahkan komentar ya, kami akan menjawab pertanyaan Anda saat kami ada waktu.

Aldian Kurniawan

Verified Administrator Verified

Tidak ada komentar:

Posting Komentar